Analisis Jabatan (ANJAB)

Analisis Jabatan (ANJAB) Analisis Jabatan (Anjab): adalah proses, metode dan teknik untuk mendapatkan data jabatan yg diolah menjadi informasi jabatan guna penyusunan kebijakan, pembianaan/penataan lembaga, ketatalaksanaan dan kepegawaian, perencanaan kebutuhan diklat serta serta umpan balik bagi organisasi.

Analisis Beban Kerja(ABK)

Analisis beban kerja (ABK) adalah suatu teknik manajemen yang dilakukan secara sistematis untuk mengukur dan menghitung beban kerja setiap jabatan/unit kerja serta memperoleh informasi mengenai tingkat efektivitas dan efisiensi kerja organisasi berdasarkan volume kerja guna meningkatkan kapasitas organisasi yang profesional, transparan, proporsional dan rasional.

Evaluasi Jabatan

Evaluasi jabatan adalah sistem penilaian bobot pekerjaan yang digunakan sebagai dasar penetapan standar gaji karyawan. Evaluasi jabatan yang banyak digunakan adalah untuk memecahkan masalah penggajian, mengutamakan pendekatan rasional dalam menetapkan bobot dan nilai tiap jabatan. Prinsip utama yang mendasari teknik ini adalah bahwa tiap karyawan berhak mendapat imbalan sesuai dengan nilai kontribusi jabatannya yang dihitung dari tingkat kepentingan dan kesukaran pekerjaan itu.

Standar Operasional Prosedur (SOP)

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan